Rabu, 01 Mei 2013

50 Tahun Emas Kembalinya Papua ke Pangkuan NKRI



Tahukah anda, bahwa 1 Mei 2013, merupakan hari dimana Irian Barat kembali kedalam pangkuan ibu pertiwi. Lima puluh tahun lalu tepatnya tahun 1963, Indonesia harus berjuang secara diplomasi untuk merebut kembali Irian Barat masuk ke NKRI. Dan kali ini peringatan 50 tahun kembalinya Papua ke pangkuan ibu pertiwi dilangsungkan di Sorong - Irian Barat.

Peringatan limapuluh tahun kembalinya Irian Barat dalam pangkuan Negara Kesatuan Republik Indonesia dipusatkan di Kota Sorong Papua Barat. Acara berlangsung cukup meriah, dengan pentas seni dan budaya Papua. Peringatan ini juga dihadiri Ketua DPD Irman Gusman dan Menpora Roy Suryo.

Sebagian sekolah menyambut peringatan ini dengan lomba pidato Soekarno, yang disampaikan pemimpin revolusi ini sehari setelah Irian Barat, nama Papua waktu itu, kembali ke pangkuan NKRI.

Tokoh masyarakat Papua menyambut peringatan 50 tahun kembalinya Papua ke NKRI sebagai peristiwa yang penting. Pasukan TNI Angkatan Darat dan Angkatan Laut ikut ambil bagian dengan memamerkan kekuatan.

Satu Mei lima puluh tahun lalu, Irian Barat akhirnya kembali ke pangkuan ibu pertiwi melalui persetujuan New York pada tahun 1963. Kembalinya Irian Barat ini merupakan perjuangan diplomasi karena pemerintah kolonial Belanda tidak mau angkat kaki dari tanah Papua. Kini tugas pemerintah membangun tanah Papua yang kaya, agar lebih maju dan setara dengan propinsi lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar