Selasa, 30 Oktober 2012

Papua Harus Diciptakan Lebih Aman



Berbagai perkembangan, khususnya di bidang politik dan keamanan, mendapat perhatian segenap komponen bangsa.

Kita memang patut prihatin terkait masalah keamanan di Papua, yang belakangan ini kembali diwarnai aksi kekerasan yang telah menimbulkan sejumlah korban, baik dari kalangan aparat bersenjata, turis, PNS, pelajar, maupun masyarakat.

Saya dan anda semua pasti sangat mendukung penegasan pernyataan Bapak Presiden RI kita bahwa di Papua harus diciptakan damai. "Aspirasi dan nuansa batin masyarakat Papua harus didengar, SDM harus dikembangkan, dan segala aksi kekerasan harus ditindak tegas berdasarkan hukum yang berlaku".

Terkait itu, satu saran kepada pemerintah, agar melakukan dialog dengan rakyat Papua untuk mendengarkan permasalahan yang terjadi di sana, guna menciptakan Papua yang damai. Proses dialog ini pernah kita lakukan pada saat terjadinya konflik di Aceh beberapa waktu yang lalu, tetapi satu hal yang perlu kita sepakati bahwa, tanah Papua merupakan bagian dari NKRI yang tidak bisa diganggu gugat dan tidak dapat diintervensi oleh siapapun.

Namun di sisi lain, tetap harus menjadi perhatian adalah perlunya pemerintah untuk mempercepat pembangunan wilayah dengan pemberdayaan rakyat Papua, guna menata Otonomi Khusus Papua dengan lebih baik, sekaligus memberikan tindakan tegas terhadap gerakan separatisme demi menjaga kedaulatan NKRI.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar